Profil Yayasan

Mukaddimah

Segala puji bagi Allah, kita memohon pertolongan dan ampunan kepadaNya. Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Rasululloh shollallahu ‘alaihi wasallam yang telah mengemban misi dakwah selama 23 tahun, cobaan dan rintangan dihadapi dengan sabar hingga akhirnya dakwah beliau langgeng hingga saat ini.

Diantara keutamaan dalam berdakwah ialah terdapat dalam Firman Allah Al Quran Surat Yusuf ayat 108,

قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ

“Katakanlah: “Inilah jalanku. Aku dan orang-orang yang mengikutiku menyeru kepada Allah dengan keterangan yang nyata. Maha Suci Allah dan aku tidak termasuk orang-orang yang musyrik.”

Terdapat pula keutamaan berdakwah dalam hadist yang diriwiyatkan Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al-Anshari radhiallahu anhu, bahwasanya dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim No. 1893)

Adapun hadist lain dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah bersabda:

مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الْأَجْرِ مِثْلُ أُجُوْرِ مَنْ تَبِعَهُ, لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَيْئاً. وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الْإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ, لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئاً

“Barangsiapa yang mengajak menuju hidayah maka dia mendapatkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya, tapi tanpa mengurangi sedikitpun dari pahala-pahala mereka. Barangsiapa yang mengajak menuju kesesatan maka dia mendapatkan dosa seperti doa orang-orang yang mengikutinya, tapi tanpa mengurangi sedikitpun dari dosa-dosa mereka.” (HR. Muslim No. 2674)

kemudian hadist lain menyebutkan bahwasanya Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ حَتَّى النَّمْلَةَ فِي جُحْرِهَا, لَيُصَلُّوْنَ عَلَى مُعَلِّمِي النَّاسِ الْخَيْرَ

“Sesungguhnya para malaikat, serta semua penduduk langit-langit dan bumi, sampai semut-semut di sarangnya, mereka semua  bershalawat atas orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” (HR. At-Tirmizi no. 2685 dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib: 1/36 dan Shahih Al-Jami’ No. 1883)

لأن يهدي الله بك رجلا واحدا خير لك من حمر النعم

“Demi Allah, apabila Allah menunjuki seorang saja melalui dakwahmu itu lebih baik bagimu daripada kamu memiliki onta-onta merah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Latar Belakang

Dakwah kepada Alquran dan Sunnah  saat ini belum tersebar luas di seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Sebagian besar kalangan bahkan belum pernah mengenal sedikitpun ajaran agama Islam dengan baik. Kesyirikan, bid’ah, khurafat, dan amalan lain yang menyelisihi ajaran Islam serta terpuruk dalam kemiskinan dan kebodohan melatarbelakangi berdirinya yayasan ini.

Beberapa daerah yang sudah mencicipi indahnya dakwah masih tergolong sangat sedikit. Perkembangannya hanya terpusat pada beberapa daerah tertentu saja terutama kota-kota besar, padahal sebagian besar penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam. Hal inilah yang menjadi awal mula tercetusnya semangat untuk menyebarkan dan memperluas dakwah ke berbagai kota hingga pelosok negeri melalui program yang telah dicanangkan oleh Yayasan Penata Amanah Selaras (PAS).

Yayasan Penata Amanah Selaras (PAS) berdiri pada tanggal 17 September 2015 Melalui Akte Notaris Fauzi Rivayanti Mugni, S.H., M.Kn.

Tujuan

Yayasan Penata Amanah Selaras sebagai sebuah lembaga yang bertujuan dan berkomitmen terhadap berkembangnya penyebaran ilmu dan risalah Islam secara menyeluruh dan merata pada seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia mengutamakan pencapaian kehidupan masyarakat yang layak agar selamat dunia akhirat dalam arti yang seluas-luasnya semata-mata untuk meraih ridho Allah subhanahu wata’ala.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Yayasan Penata Amanah Selaras mengelola secara maksimal beragam sumber daya bagi kepentingan dakwah, pendidikan dan sosial, antara lain melalui penyebaran para da’i berkompeten ke daerah tertentu atau ke daerah asalnya sendiri untuk mengembangkan dakwah, penyebaran ilmu dan pengetahuan Islam secara menyeluruh pada kalangan tua, muda, dan anak-anak, penyaluran bakti sosial dan kesehatan, serta pembinaan kader dakwah anak-anak yatim dan dhua’afa di daerah.

Penutup

Sebagai penutup, Yayasan Penata Amanah Selaras senantiasa membuka pintu bagi setiap orang yang menginginkan kebaikan bagi umat Islam dan bagi para da’i serta senantiasa menasehati baik secara lisan maupun tulisan. Hanya Allah saja pemberi petunjuk ke jalan yang lurus. Shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada  nabi kita Muhammad shollallahu ‘alaihi wasallam, keluarganya, sahabatnya dan orang-orang yang senantiasa mengikutinya hingga akhir zaman.