Wanita Hitam yang Mendapat Jaminan Surga Dari Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wa Sallam

عن عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ قَالَ : قَالَ لِي ابْنُ عَبَّاسٍ : أَلَا أُرِيكَ امْرَأَةً مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ؟ قُلْتُ بَلَى ، قَالَ هَذِهِ الْمَرْأَةُ السَّوْدَاءُ ؛ أَتَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ إِنِّي أُصْرَعُ وَإِنِّي أَتَكَشَّفُ فَادْعُ اللَّهَ لِي ، قَالَ : (( إِنْ شِئْتِ صَبَرْتِ وَلَكِ الْجَنَّةُ ، وَإِنْ شِئْتِ دَعَوْتُ اللَّهَ أَنْ يُعَافِيَكِ ، فَقَالَتْ أَصْبِرُ ، فَقَالَتْ إِنِّي أَتَكَشَّفُ فَادْعُ اللَّهَ لِي أَنْ لَا أَتَكَشَّفَ فَدَعَا لَهَا )) .

Abdulloh bin Abbas رضي الله عنهما bercerita kepada sahabatnya ‘Atho bin Abi Robah رضي الله عنه perihal wanita hitam penghuni surga, wanita hitam ini datang menemui Rosulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam sambil berkata, “Sesungguhnya aku menderita epilepsi dan auratku sering tersingkap (ketika sedang kambuh), maka berdoalah kepada Allah untuk (kesembuhanku)ku.” Beliau bersabda: “Jika kamu berkenan, bersabarlah maka bagimu surga, dan jika kamu berkenan, maka aku akan mendo’akanmu agar Allah menyembuhkanmu.” Ia berkata, “ aku akan bersabar.” Wanita itu berkata lagi, “Tapi jika penyakitku kambuh, auratku sering tersingkap. Maka berdoalah kepada Allah agar (auratku) tidak tersingkap.” Maka beliau mendoakan untuknya.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Renungan:

Wanita hitam ini memiliki rasa malu yang sangat sempurna, dikala dia sedang sakitpun berharap agar auratnya tidak tersingkap sehingga dia meminta kepada nabi untuk mendoakannya, ini menunjukkan akan keimanan dan bersihnya hati yang dia miliki.

Namun kebanyakan wanita saat ini ingin sekali terlihat cantik dihadapan semua orang (yang bukan mahromnya) bahkan sebagian mereka memperlihatkan aurotnya dan berpakaian minim, serta berhias dan mempercantik diri dengan melanggar aturan agama, diantara contohnya:

  1. Berpakaian ketat dan berkerudung pendek (jilbob) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: yang pertama adalah kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan yang kedua para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim)
  2. Menato,menyambung rambut, mencukur alis, dan mengikir gigi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah melaknat orang yang menato dan wanita yang minta ditato, wanita yang menyambung rambutnya (dengan rambut palsu), yang mencukur alis dan yang minta dicukur, serta wanita yang meregangkan (mengikir) giginya untuk kecantikan, yang merubah ciptaan Allah.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
  3. Memakai wewangian ketika keluar rumah, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap wanita yang memakai wewangian, kemudian ia keluar dan melewati sekelompok manusia agar mereka dapat mencium bau harumnya, maka dia adalah seorang pelacur.” (HR. Ahmad, an-Nasa’i, dan al-Hakim)
  4. Memanjangkan kuku, Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Yang termasuk fitrah manusia itu ada lima (yaitu): khitan, mencukur bulu kemaluan, merapikan kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  5. Berhias menyerupai kaum lelaki“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan melaknat wanita yang menyerupai laki-laki.” (HR Bukhari).

Wahai para ibu jagalah penampilanmu dan penampilan anak-anak wanita mu, tidakkah engkau suka bila rumah tanggamu langgeng hingga ajal menjemput? Tidakkah engkau suka bila anak wanita mu terjaga kesuciannya? Pasti kau malu bila ada diantara anak wanitamu hamil diluar nikah, pasti kau tak tega bila cucumu harus meregang nyawa di tempat sampah karena ulah anakmu yang takut hamil, ketahuilah penyebab itu semua adalah karena engkau tak mampu menjaga penampilanmu.

Semoga bermanfaat.

img: https://plus.google.com/111736406413809402572

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *