Mewaspadai 7 Dosa Umat Terdahulu

عَن أَبِي هُرَيرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنهُ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: ((سَيُصِيبُ أُمَّتِي دَاءُ الْأُمَمِ)) فَقَالُوا: «يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا دَاءُ الْأُمَمِ ؟» قَالَ: (( الْأَشَرُ ، وَالْبَطَرُ ، وَالتَّكَاثُرُ ، وَالتَّنَاجُشُ فِي الدُّنْيَا ، وَالتَّبَاغُضُ وَالتَّحَاسُدُ ؛ حَتَّى يَكُونَ الْبَغْيُ)) ( رواه الحاكم )

Dari Abu Huroiroh (semoga Allah meridhoinya) berkata: aku mendengar Rosululloh sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Penyakit ummat-ummat (terdahulu) akan mengenai ummatku, para sahabat bertanya: apa penyakit ummat terdahulu itu? (kufur) mengingkari nikmat, berlebihan saat mendapat nikmat, bermegah-megahan, berlebih-lebihan terhadap dunia, saling membenci, saling mendengki hingga melampaui batas.”(HR.Hakim)

Faedah hadits:

  1. Kabar dari Nabi ini menunjukkan salah satu dari tanda-tanda kenabian Nabi kita Muhammad sholallahu ‘alaihi wa sallam.
  2. Terkandung dalam kabar ini peringatan agar ummatnya menjauhi penyakit-penyakit tersebut.
  3. Kufur nikmat lawan dari syukur, disebut syukur bila terpenuhi tiga hal:
    • Hati yang mengakui bahwa nikmat tersebut dari Allah
    • Lisan yang selalu memuji Allah
    • Anggota badan yang digunakan untuk beramal sholih.

Bila tiga hal ini tidak terpenuhi maka orang tersebut dikatakan sebagai kufur nikmat. Allah berfirman:

(ابراهيم:7)  ((لئن شكرتم لأزيدنكم ولئن كفرتم إن عذابي لشديد))

Jika kamu bersyukur pasti akan Kutambah (nikmat-Ku) untukmu, dan bila kamu kufur, maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih. (QS: Ibrohim: 7)

  1. Dikatakan Berlebihan terhadap nikmat apabila disertai dengan rasa sombong dan meremehkan manusia. Allah berfirman:

قَارُونَ كَانَ مِنْ قَوْمِ مُوسَى فَبَغَى عَلَيْهِمْ وَآتَيْنَاهُ مِنَ الْكُنُوزِ مَا إِنَّ مَفَاتِحَهُ لَتَنُوءُ بِالْعُصْبَةِ أُولِي الْقُوَّةِ إِذْ قَالَ لَهُ قَوْمُهُ

لا تَفْرَحْ إِنَّ اللَّهَ لا يُحِبُّ الْفَرِحِينَ

Sesungguhnya Karun termasuk kaum Musa,tetapi dia berlaku zalim terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya, “Janganlah engkau terlalu bangga. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang membanggakan diri.” (QS.Alqoshos:76)

  1. Sesunguhnya harta yang dimiliki oleh setiap manusia akan ditanya nanti pada hari kiamat, darimana dia dapatkan dan kemana dia belanjakan.
  2. Barangsiapa yang tujuan hidupnya hanya dunia maka Allah akan cerai beraikan segala urusannya dan kefakiran ada dipelapuk matanya.
  3. Memusuhi saudaranya lebih dari tiga hari diharamkan dalam islam.
  4. Iri dengki akan memakan kebaikan seperti api yang membakar kayu.
  5. Iri dengki sifat dari orang yahudi dan nashoro.
  6. Iri dengki merupakan dosa yang pertama kali dikerjakan dilangit dan di bumi.
  7. Bila sudah melampoi batas maka seseorang akan lupa darah sapa yang ia tumpahkan, harta sapa yang dia ambil dan hukuman apa yang akan dia dapatkan.
  8. Penyebab munculnya 7 penyakit diatas adalah karena terlalu cinta terhadap dunia.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *