Ancaman Dan Akibat Jelek Bagi Orang Yang Berpaling Dari Al-Qur”an

Ancaman Dan Akibat Jelek Bagi Orang Yang Berpaling Dari Al-Qur”an

Alloh Ta’aala berfirman:
وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِآيَاتِ رَبِّهِ فَأَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ إِنَّا جَعَلْنَا عَلَى قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَنْ يَفْقَهُوهُ وَفِي آذَانِهِمْ وَقْرًا وَإِنْ تَدْعُهُمْ إِلَى الْهُدَى فَلَنْ يَهْتَدُوا إِذًا أَبَدًا
“Dan siapakah yang lebih dholim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Robbnya lalu ia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya?, sesungguhnya Kami telah meletakkan tutup di atas hati mereka (sehingga mereka tidak) memahaminya dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka, dan kendatipun kamu menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk selama-lamanya” (QS. Al-Kahf: 57).

Alloh Ta’aala berfirman:
وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِآيَاتِ رَبِّهِ ثُمَّ أَعْرَضَ عَنْهَا إِنَّا مِنَ الْمُجْرِمِينَ مُنْتَقِمُونَ
“dan siapakah yang lebih dholim daripada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya kemudian ia berpaling darinya? Sesungguhnya Kami akan memberikan pembalasan kepada orang-orang yang berdosa. (QS. As-Sajdah: 22).

Alloh Ta’aala berfirman:
فَمَا لَهُمْ عَنِ التَّذْكِرَةِ مُعْرِضِينَ كَأَنَّهُمْ حُمُرٌ مُسْتَنْفِرَةٌ فَرَّتْ مِنْ قَسْوَرَةٍ
“maka mereka berpaling dari peringatan (Alloh)?, seakan-akan mereka itu keledai liar yang lari terkejut, lari dari singa”. (QS. Al-Mudatstsir: 49-51).

Alloh Ta’aala berfirman:
فَإِنْ أَعْرَضُوا فَقُلْ أَنْذَرْتُكُمْ صَاعِقَةً مِثْلَ صَاعِقَةِ عَادٍ وَثَمُودَ
“maka jika mereka berpaling maka katakanlah: “Aku telah memperingatkan kalian dengan petir seperti petir yang menimpa kaum ‘Aad dan Tsamud”. (QS. Fushshilat: 13).

Alloh Ta’aala berfirman:
وَمَنْ أَعْرَضَ عَنْ ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنْكًا وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى
“Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunnya pada hari kiamat dalam keadaan buta” (QS. Thoha: 124).

Alloh Ta’aala berfirman:
وَمَنْ يُعْرِضْ عَنْ ذِكْرِ رَبِّهِ يَسْلُكْهُ عَذَابًا صَعَدًا
“Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan Tuhannya, niscaya Dia akan memasukkannya ke dalam adzab yang amat berat”. (QS. Al-Jinn: 17).

Alloh Ta’aala berfirman:
وَمَنْ يَعْشُ عَنْ ذِكْرِ الرَّحْمَنِ نُقَيِّضْ لَهُ شَيْطَانًا فَهُوَ لَهُ قَرِينٌ
“dan barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan yang Maha Pengasih, Kami akan siapkan baginya setan, maka setan itu menjadi teman yang selalu menyertainya”. (QS. Az-Zuhruf: 36).

Abu Hafsh bin Isa
10 Dzul-qo’dah 1438 H

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *