Yuk, Telaah kitab di Masjid Asma’ binti Umais, Tonganapo

 

Sepanjang hidup, Islam memerintahkan kita untuk terus menimba ilmu dan beramal shalih. Bagaimana kita akan berlomba dalam kebaikan jika tidak membekali diri dengan dasar-dasar ilmu yang kokoh? itulah pentingnya kita mengetahui dasar-dasar ajaran agama Islam. Salah satu pokok ajaran Islam yang terpenting adalah Tauhid, yakni Mengesakan Allah dan tidak mempersekutukanNya dengan suatu apapun.

 

Masjid Asma’ Binti Uwais yang terletak di Kelurahan Tonganapo, memfasilitasi ummat Muslim sekitar Tonganapo dan kelurahan lainnya untuk mempelajari lebih dalam Kitab Tauhid berjudul “Al Qowaaidul Arba’ah”, yakni kitab yang membahas mengenai empat kaidah dasar Islam. Kitab ini bersumber dari Al Quran dan As Sunnah berdasarkan pemahaman para salafus shalih dan berdasarkan fakta sejarah mengenai kaum yang menyekutukan Allah (musyrikin) di zaman Nabi shallallaahu alaihi wasallam. Oleh karena itu, kitab ini memiliki kedudukan yang tinggi dan penting untuk ditelaah secara mendalam. Telaah kitab ini akan dibimbing oleh Ustadz Aswan Bin Ali, Da’i Yayasan PAS Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara setiap hari sabtu ba’da maghrib.

 

Pentingnya memahami kaidah dasar Islam menjadi faktor utama alasan diselenggarakannya kegiatan telaah kitab ini. Faktanya, masih banyak masyarakat muslim yang mempercayai dan melakukan khurafat, tahayul, dan berbagai bentuk kesyirikan lainnya. Menyelisihi salah satu kaidah dari empat kaidah dasar Islam akan sangat berbahaya bagi pelakunya. Hal itu akan menjerumuskan pelakunya ke dalam dosa syirik. Bahkan tak jarang kesyirikan yang dilakukan oleh ummat Muslim sekarang sama persis dengan perbuatan syirik yang sangat diperangi di zaman Rasul shallaallaahu alaihi wasallam.

 

Untuk itu, banyak manfaat yang dapat dipetik dalam telaah kitab Tauhid ini. selain memahami Aqidah yang bersih dari perbuatan syirik sebagai tujuan diutusnya para Nabi dan Rosul, kita akan mengetahui tujuan diturunkannya Kitab-kitabNya. Manfaat lainnya adalah kita juga akan mengetahui bahaya serta kerugian bagi pelaku dosa syirik di dunia maupun di akhirat.

 

Yuk, Semangat Hadiri dan Ikuti Telaah Kitab di Masjid Asma’Binti Uwais, Tonganapo kecamatan Samaturu, atau dapat pula menghadiri telaah kitab tersebut di Masjid Raya Desa Tolowe Ponrewaru, kecamatan Wolo, setiap hari kamis ba’da maghrib.

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *