Remaja Mengaji

Sudah menjadi hal yang lumrah dewasa ini, kegiatan masjid dan pendidikan Al Quran lebih ramai diikuti oleh anak-anak usia belia. Umumnya, para peserta didik Taman Pendidikan Al Quran (TPA) hanya diikuti oleh anak usia SD. Setelah lulus SD, merekapun seolah lepas dari kegiatan mengaji. Sangat jarang sekali kita temukan akhir-akhir ini remaja SMP atau SMA yang meramaikan masjid untuk mengikuti kegiatan keislaman atau belajar Al Quran. Sangat disayangkan padahal, gempuran budaya asing, kecanggihan teknologi, pergaulan yang tidak terjaga, dan minimnya pendidikan agama oleh orangtua di rumah semakin memperburuk karakter para remaja sekarang ini. Bagaimana masa depan bangsa ini bila para remaja hanya disibukkan oleh hal-hal tidak bermanfaat?

Ustadz faisal Ali Fasa, da’i yayasan PAS wilayah Baubau mencoba untuk mengumpulkan para remaja Desa Kaisabu, Kecamatan Sorawolio untuk mengaji. Mereka membuat majelis bersama setiap hari selasa ba’da isya di Musholla Jambore. Majelis ilmu yang diikuti oleh 10 remaja muslim ini mempelajari Kitab Al ‘Arobiyah Bayna Yadaik untuk pelajaran Bahasa Arab serta Kitab Addurorul Bahiyyah karya Imam Asy Syaukani Rohimahulloh untuk pelajaran Fiqh. Ustad Faisal Ali Fasa yang pernah mencicipi kuliah di LIPIA Jakarta ini sangat optimis, insyaAllah kedepannya akan semakin banyak lagi remaja Desa Kaisabu dan sekitarnya yang tertarik dan bersemangat menghadiri majelis-majelis ilmu.

Bukankah Rasulullah shallallaahu alaihi wasallam menjanjikan bagi para pemuda yang hatinya bergantung ke masid untuk mendapatkan naungan nanti pada hari kiamat. Jangan sampai, para pemuda muslim lebih semangat mati-matian belajar bahasa asing atau pelajaran umum, sedangkan pelajaran diniyah (agama) diabaikan, Na’uzubillah, sungguh merugi. Apalagi, kondisi akhir zaman ini sangat berbahaya pengaruhnya bagi para remaja. Oleh karena itu, pemahaman agama yang kokoh dapat menjadi tameng agar tidak terjerumus ke dalam buruknya pengaruh lingkungan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *