Khitanan Massal Kecamatan Sorawolio

Sebagai salah satu program dakwah dan sosial, Da’i Yayasan Penata Amanah Selaras Jakarta menyelenggarakan kegiatan khitanan massal pada tanggal 16 Oktober 2016 yang diikuti sedikitnya oleh 120 peserta remaja dari kecamatan Sorawolio, Baubau, Sulawesi Tenggara.

Khitanan yang mengangkat tema “Hidup Sehat dan Bersih Sesuai Ajaran Islam” berjalan sukses dan menarik perhatian banyak pihak. Ustadz Faisal Ali Pasa sebagai Da’i yang memimpin pelaksanaan kegiatan ini menuturkan, program khitanan massal disambut baik oleh berbagai elemen, selain para remaja yang bersemangat menyertakan diri mereka, para orang tua, tokoh agama, serta kalangan pemerintahpun turut mengambil bagian menyukseskan kegiatan ini. Menurut beliau, masyarakat Sorawolio pada umumnya hanya mengenal adat khitanan kampung (tradisi) tanpa prosesi khitan seperti dalam syariat Islam. Sehingga kebanyakan remaja memanfaatkan momen ini untuk menjalankan syariat Islam yang baru mereka ketahui melalui sosialisasi Ustadz Ali Pasa kepada masyarakat luas dan anak-anak sekolah mulai SD hingga SMA.

Apresiasi pun tak luput diberikan oleh Kepala Camat Sorawolio, beliau berharap kegiatan ini dapat terlaksana lebih baik pada kesempatan berikutnya. Agar semakin banyak masyarakat yang memahami pentingnya kesehatan dan hikmah dari syariat khitan.

Program khitanan massal yang pertama kali dilaksanakan di Sorawolio ini secara umum telah mencapai sasaran. Tumbuhnya kesadaran akan pentingnya kesehatan dan manfaat khitan mulai dirasakan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini sekaligus dapat meringankan beban anak yatim dan dhuafa yang memiliki kemampuan terbatas untuk menjalankan syariat khitan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *