Antara Maghrib dan Isya

Waktu antara sholat Maghrib dan Isya merupakan waktu yang paling sering digunakan untuk mengadakan pengajian. Pasalnya, pada waktu ini kebanyakan orang telah selasai dari kesibukannya di siang hari, sehingga jamaah sholat maghrib biasanya lebih ramai dari sholat-sholat lainnya. Kesempatan yang tepat ini tidak dilewatkan begitu saja oleh Ustadz Wahyudi dan masyarakat yang tinggal di gang Pusban, Handil II, Samarinda, Kalimantan Timur, untuk bermajelis Ilmu. Menurut Ustadz Wahyudi, masyarakat di gang Pusban ini begitu semangat dalam menuntut Ilmu, mereka tidak sekedar mendengar namun juga berusaha untuk mencatat faidah-faidah ilmu yang mereka dengar.

Pengajian yang berlangsung setiap malam selasa dan malam kamis ini seolah menggambarkan kerinduan mereka terhadap majelis Ilmu serta rasa membutuhkan yang begitu besar. Al-Imam Ahmad bin Hanbal berkata:

الناس يحتاجون إلى العلم قبل الخبز والماء لأن العلم يحتاج إليه الانسان في كل ساعة، والخبز والماء في اليوم مرة أو مرتين

” Manusia sesungguhnya lebih membutuhkan ilmu agama dibandingkan roti dan air. Sebab, ilmu dibutuhkan setiap saat, sedang roti dan air hanya sekali atau dua kali dalam sehari.” (Thobaqot Al-Hanabilah 1/390).

Saat ini mereka tengah menkaji materi praktik ibadah yang benar dengan panduan kitab Al-Fiqhul Muyassar.

Semoga mereka diberikan keistiqomahan, keberkahan, dan pemahaman yang baik. Aamiin.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *